Puncak Buka Luwur Sunan Kudus, Pembagian Nasi Berkat dan Pemasangan Kelambu Makam yang Baru

Setelah acara puncak buka luwur rampung, nasi berkat keranjang dibagikan ke para kiai dan tokoh ulama, Jumat 28/01/2023 (Foto: Syim)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Puncak rangkaian acara Buka Luwur Sunan Kudus berlangsung hari ini, Jumat 28 Juli 2023 atau bertepatan dengan tanggal 10 Muharram 1445 Hijriyah ini dilangsungkan prosesi pemasangan kelambu baru di Makam Sunan Kudus atau Raden Ja’far Shodiq.

Buka luwur sendiri merupakan tradisi tahunan yang sudah dilaksanakan turun temurun. Rangkaian buka luwur sendiri cukup panjang, mulai tanggal 1 Muharram hingga puncaknya 10 Muharram pagi ini.

Humas Panitia Buka Luwur, Muhammad Kharis menerangkan agenda buka Luwur dimulai dengan penjamasan pusaka peninggalan Sunan Kudus yang dinamai Kiai Cinthaka. Selain itu, tahun ini juga terdapat halaqoh internasional, santunan yatama, khotmil Qur’an, penyembelihan, Bancakan bubur Asyura hingga pelaksanaan buka luwur di area makam.

Bacaan Lainnya

“Ini sudah menjadi agenda rutin dari Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) setiap tahunnya, dengan rangkaian yang cukup panjang dari tanggal 1 sampai 10 Muharram,” katanya kepada awak media, Jumat 28 Juli 2023.

Pada saat prosesi pemasangan kelambu baru, dilangsungkan tahlil dan doa bersama. Sementara itu, sebelumnya juga ada pembagian nasi berkat yang dipercaya merupakan makanan favorit Sunan Kudus.

Baca :  Padukan Kantin dengan Laboratorium, UMKU Sabet Juara 1 Short Movie Kesehatan