Sapi Potong Kurban di Kudus Tak Ikut Divaksin PMK

Petugas Dispartan, Kabupaten Kudus melakukan pengecekan terhadap hewan ternak. (Dok. Istimewa)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memprioritaskan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk hewan ternak yang bernilai tinggi, seperti sapi perah.

Sedangkan sapi potong terutama yang dipersiapkan untuk kurban tidak mendapatkan vaksin. Hal ini diputuskan dengan pertimbangan terbatasnya jumlah vaksin yang didapatkan oleh Kudus.

Kepala Bidang Peternakan Dispertan Kudus, Agus Setiawan memaparkan, pihaknya telah menerima sebanyak 500 dosis dari alokasi sekitar 75 ribu oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Bacaan Lainnya

Jumlah tersebut didapat lantaran jumlah ternak yang terpapar PMK di Kota Kretek masih terbilang rendah dibanding daerah lainnya di Jawa Tengah.

“Pada tahap pertama vaksinasi kami prioristaskan untuk hewan yang sehat dan masa pemeliharaannya masih lama. Seperti sapi perah dan sapi yang masih di bawa usia satu tahun,” tandas Agus, Selasa, 27 Juni 2022.

Sedangkan sapi potong terutama yang dipersiapkan untuk kurban, lanjut Agus, tidak mendapatkan vaksin mengingat jumlah vaksin yang terbatas.

“Sehingga dapat dipastikan, hewan ternak yang akan dikurbankan tidak divaksin,” imbuhnya.

Baca :  Harga Emas di Pegadaian Jumat 1 Juli 2022, UBS Turun Harga