Semester Pertama 2023, 3.157 Pelaku Usaha di Kudus Sudah Miliki NIB

Pengunjung sedang menikmati menu makanan baru di obyek wisata di Kudus. (Istimewa)

KUDUS, ZONANEWS.ID — Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kudus mencatat, dari Bulan Januari hingga Juni atau semester pertama tahun 2023, ada 3.157 pelaku usaha di Kabupaten Kudus yang telah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Dengan rincian, usaha mikro sebanyak 3.101, usaha kecil 49, usaha skala menengah 1, dan usaha skala besar 6.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Kudus Harso Widodo mengungkapkan, secara keseluruhan pelaku usaha di Kudus yang telah memiliki NIB ada sekitar 9 ribuan. Data tersebut sesuai dengan data yang tercatat di Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah data harian yang kita keluarkan di OSS, sejumlah pelaku usaha di Kudus,” ungkap Harso, Selasa 29 Agustus 2023.

Lebih lanjut Harso menjelaskan, pelaku usaha terbagi atas beberapa skala berdasarkan modal awal. Di mana usaha mikro dimulai dengan modal 0-1 miliar rupiah, kecil sampai 5 miliar rupiah, menengah sampai 10 miliar rupiah, serta yang lebih dari 10 miliar rupiah termasuk dalam pelaku usaha skala besar.

Dari jumlah usaha di Kudus, Harso pun mengungkapkan bahwa masih ada usaha yang belum memiliki NIB. Untuk jumlah pastinya, pihaknya belum mendapatkan data pasti.

Baca :  Sambut Tahun 2024, Pj Bupati Kudus ke ASN : Mari Bersama Tingkatkan Kinerja