Seminar Wawasan Kebangsaan di Kudus, Upaya Menjaga Keutuhan NKRI di Tengah Disrupsi Informasi

Seminar Wawasan Kebangsaan dengan tema Menjaga Keutuhan NKRI di Tengah Disrupsi Informasi yang berlangsung di di Meeting Hall SMK Assa'idiyah 2 Kudus, Jumat 21 Juli 2023. (Istimewa)

KUDUS, ZONANEWS.ID —Menjaga keutuhan NKRI sangat dibutuhkan di tengah disrupsi informasi seperti saat ini. Hal itulah yang ditekankan para narasumber dalam kegiatan Seminar Wawasan Kebangsaan dengan tema Menjaga Keutuhan NKRI di Tengah Disrupsi Informasi, Jumat 21 Juli 2023.

Bertempat di Meeting Hall SMK Assa’idiyah 2 Kudus, kegiatan seminar kali ini dihadiri oleh Anggota Komisi E DPRD Jateng Mawahib Afkar, Anggota Komisi C DPRD Kudus Kholid Mawardi, dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kudus sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Mawahib menjelaskan, di tengah perkembangan informasi saat ini, masyarakat Indonesia harus memiliki kesadaran penuh dalam memilah informasi yang didapat. Tidak serta merta memercayai satu informasi yang didapat tanpa mengetahui kebenaran sesungguhnya.

Bacaan Lainnya

“Kita harus sadar betul, meminimalisir agar tidak gegabah dalam memberitakan (menginformasikan) apapun,” ungkap Mawahib di hadapan seratusan peserta seminar yang merupakan para pelajar dan mahasiswa dari institusi pendidikan di Kabupaten Kudus.

Untuk itu agar tidak terjadi disrupsi informasi di tengah perkembangan teknologi seperti sekarang, Mawahib mengajak agar semua pihak bisa sama-sama berhati-hati dan bijak dalam menggunakan sosial media.

“Mari berhati-hati dan bijak menggunakan sosial media, jangan sembarang membuat oponi yang tidak ada kejelasan dan bisa menjadi faktor-faktor disintegrasi negara,” harapnya.

Di samping itu, di zaman yang semakin canggih dengan berkembangnya teknologi saat ini diharapkan bisa dimanfaatkan untuk hal yang positif. Masyarakat Indonesia, diharapkan bisa lebih cerdas dalam menyaring segala informasi yang didapatkan.

Baca :  Melek Teknologi, Petani di Kudus Manfaatkan Drone Guna Tingkatkan Kualitas Panen

Anggota DPRD Kabupaten Kudus Kholid Mawardi mengatakan, disrupsi informasi sangat berbahaya di zaman sekarang. Apa yang sebenarnya salah bisa menjadi benar ketika banyak orang percaya tanpa mencari sumber informasi sebenarnya.