Soto Kebo dan Lentog Tanjung Tercatat dalam HAKI Komunal Milik Kudus

Soto Kebo. (MIA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Soto Kebo dan Lentog Tanjung khas Kabupaten Kudus telah tercatat sebagai Kekayaan Intelektual Komunal Pengetahuan Tradisional. Kedua kuliner tersebut akhirnya paten menjadi milik Kota Kretek.

Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) yang diterima oleh Kabupaten Kudus tersebut didapatkan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumhan) Republik Indonesia (RI) pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Penerimaan Surat Pencatatan Inventarisasi Kekayaan Intelektual Komunal untuk Soto Kebo diterima langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, Mutrikah.

Bacaan Lainnya

Sedangkan, untuk Lentog Tanjung diterimakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjungkarang, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Ini mempertimbangkan bahwa kuliner lentog tanjung telah berpusat di wilayah tersebut.

Kepala Disbudpar Kudus, Mutrikah menyampaikan, kustodian dan pelapor Soto Kebo dan Lentog Tanjung sebagai Kekayaan Intelektual diajukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kudus.

Sedangkan, Disbudpar sendiri menindaklanjuti dengan mengupayakan agar HAKI itu bisa didapatkan Kudus. Salah satu upayanya dengan menggali sejarah, cara pembuatan, dokumentasi hingga wawancara dengan narasumber.

“Dengan didapatkannya ini Soto Kebo dan Lentog Tanjung tidak akan bisa diakui oleh daerah bahkan negara lain, dan menjadi hak patennya Kudus,” ujar Tika, saat ditemui di ruangannya, Senin, 21 Agustus 2023.

Baca :  Tingkatkan Kemampuan Fisik, Ratusan Prajurit Kodim 0716 Demak Ikuti Tes Kesegaran Jasmani