Survei Terbaru: Witiarso Utomo Unggul di Pilkada Jepara 2024, Akademisi Ungkap Alasannya

Hasil survei Pandawa Research yang dilakukan pada bulan Juni 2024 (Zonanews.id)

JEPARA, ZONANEWS.ID — Hasil survei Pandawa Research yang dilakukan pada bulan Juni menunjukkan Witiarso Utomo, seorang pendatang baru, unggul dengan 22,2 persen dukungan dalam Pilkada Jepara 2024. Petahana Dian Kristiandi berada di posisi kedua dengan 21,3 persen, diikuti oleh KH. Nuruddin Amin dengan 12,7 persen.

Niswa Adlina Labiba, Dosen Ilmu Politik Universitas Negeri Semarang, menjelaskan bahwa elektabilitas dalam politik dipengaruhi oleh beberapa komponen sesuai dengan teori preferensi politik.

“Terdapat tiga preferensi politik: pertama, rasionalitas, yang dilihat dari seberapa jauh masyarakat menginginkan perubahan. Hal ini bisa dilihat dari track record calon kepala daerah,” kata Niswa, Kamis 7 Juli 2024.

Bacaan Lainnya
Niswa Adlina Labiba, Dosen Ilmu Politik Universitas Negeri Semarang (istimewa)

Kedua, aspek sosiologi yang mencakup latar belakang, kerekatan sosial, dan kontribusi kepada masyarakat. Ketiga, aspek psikologis, yaitu bagaimana calon kepala daerah membawakan diri sebagai seorang pemimpin yang mengayomi.

“Ketiga aspek ini menjadi hal utama untuk menilai seberapa tinggi elektabilitas calon pemimpin di mata masyarakat,” tambahnya.

Dari data Pandawa Research, Witiarso Utomo memenuhi ketiga aspek preferensi politik tersebut. Alasan utama pemilihannya antara lain lebih dikenal, kepribadiannya baik, ramah dan menyenangkan, sering terlihat, visi dan misi yang disukai, serta keinginan masyarakat untuk perubahan.

Baca :  Serahkan Berkas Pendaftaran Cabup ke PKS, Imam Baiquni Kenalkan Kudus ASIK