Tak Segera Dilantik Jadi Perades, Garank 1 Undaan Hadang Mobil Bupati Kudus

Mas aksi Garank 1 yang berdemo di depan Kantor Camat Undaan menghadang mobil Bupati Kudus HM Hartopo yang melewati jalan depan Kantor Camat Undaan, Senin 28 Agustus 2023. (NILA)

KUDUS, ZONANEWS.ID — Peraih peringkat pertama seleksi Perangkat Desa (Perades) yang bekerjasama dengan FISIP Universitas Padjadjaran (Unpad) di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus menghadang mobil Bupati Kudus HM Hartopo saat melewati jalan depan Kantor Camat Undaan, Senin 28 Agustus 2023 pukul 10.45 WIB.

Dalam aksinya tersebut, Garank 1 bersama anggota keluarganya menuntut agar Bupati Kudus memberikan ketegasannya untuk segera melantik Garank 1 menjadi Perades. Terlebih mereka merasa telah mengikuti segala proses seleksi dan berhak dilantik menjadi Perades sebab meraih nilai tertinggi.

Atas aksi tersebut, Bupati Kudus pun turun dari mobil dan menemui para demonstran yang telah berdemonstrasi di depan Kantor Camat Undaan sejak pagi tadi.

Bacaan Lainnya
Bupati Kudus HM Hartopo menemui masa aksi Garank 1 yang berdemo di depan Kantor Camat Undaan, Senin 28 Agustus 2023. (NILA)

Saat menemui masa, Hartopo menegaskan bahwa Surat Keputusan (SK) Bupati sebelumnya perlu disandingkan dengan keputusan sela Pengadilan Negeri (PN) Kudus atas perkara nomor 26/Pdt.G/2023/PN.Kds yang telah keluar pada 15 Agustus 2023 agar Camat bisa memberikan rekomendasi kepala desa untuk melantik Perades.

“Monggo Pak Camat melaksanakan peraturan yang ada,” tegas Bupati di depan para masa yang berdemo.

Hartopo pun mengungkapkan, pihaknya tidak akan mengeluarkan SK tertulis untuk tindak lanjut pelantikan Perades. Sebab, pelantikan merupakan wewenang Kepala Desa atas rekomendasi Camat.

Jawaban dari Bupati pun mendapat tepuk tangan dari semua masa aksi.

Selanjutnya, Garank 1 melanjutkan aksinya ke Kantor Camat. Bahkan karena tidak segera ditemui Camat Undaan Arif Budiyanto, para masa aksi menyegel Kantor Camat Undaan. Pun mobil Camat tidak luput dilakban dan disegel.

Baca :  Ajak Gemar Makan Ikan, PKK Wergu Wetan Kudus Kreasikan Lomba Kudapan untuk Balita