Tanggul Jebol di Pati, Puluhan Rumah Terdampak Banjir Bandang

Kondisi pemukiman warga yang terdampak banjir bandang, akibat dari jebolnya tanggul di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati. (Foto : Nila)

PATI, ZONANEWS.ID – Tanggul di Desa Tunjungrejo, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati jebol akibat dari hujan deras yang mengguyur wilayah Pati kemarin malam, Senin, 27 Juni 2022.

Tanggul yang berada di RT 2 RW 6 Desa Tunjungrejo ini jebol, lantaran Sungai Sat yang sudah tidak mampu lagi menahan debit air yang semakin besar.

Banjir bandang pun diketahui terjadi sekitar pukul 22.30 imbas dari tanggul jebol yang terjadi di Desa Tunjungrejo. Hal itu mengakibatkan puluhan rumah warga terdampak. Bahkan, 5 rumah diantaranya mengalami kerusakan parah.

Bacaan Lainnya

“Setidaknya ada 26 rumah warga yang terdampak akibat banjir bandang tadi malam. Serta ada 5 rumah warga yang tergolong rusak parah,” ungkap Kepala Desa Tunjungrejo Mochammad Ali Zuhdi, Selasa, 28 Juni 2022.

Ali mengungkapkan bahwa panjang tanggul jebol sekitar 30 meter. Hal itu membuat banjir di pemukiman warga setinggi 60 sentimeter.

“Tanggul yang jebol panjangnya sekitar 30 meter membuat banjir dengan ketinggian di atas lutut orang dewasa sekitar 60 sentimeter,” ungkapnya.

Warga desa setempat Supardi (50) mengaku kejadian banjir bandang tersebut cukup mendadak. Terdengar suara gemuruh, tiba-tiba sudah ada air banjir yang mengalir deras.

Warga pun dikatakannya tidak sempat menyelamatkan harta bendanya. Mereka berbondong-bondong untuk menyelamatkan nyawa masing-masing.

Baca :  Korban Tertimbun Tanah Galian Sumur di Gribig Kudus Ditemukan Sudah Tak Bernyawa