Terima 500 Dosis Vaksin, Pemkab Kudus Mulai Vaksinasi Sapi Hari Ini

Bupati Kudus memulai vaksinasi hewan ternak untuk menekan penyebaran PMK. (Diskominfo Kudus)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus memulai vaksinasi sapi guna menekan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak.

Vaksinasi PMK tahap pertama dilakukan di kandang sapi perah Sumber Barokah Desa Garung Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Kamis, 30 Juni 2022.

Bupati Kudus Hartopo mengungkapkan Kabupaten Kudus telah menerima 500 dosis vaksin yang siap untuk disuntikkan. Semua dosis tersebut akan segera disuntikkan paling lambat sampai 4 Juli 2022 mendatang.

Bacaan Lainnya

“Kami telah menerima 500 dosis vaksin PMK. Kami akan langsung menggenjot vaksinasi lewat Dinas Pertanian dan Pangan,” paparnya.

Hartopo menyampaikan kasus PMK di Kabupaten Kudus hingga saat ini mulai relatif landai. Kesuksesan pencegahan PMK tak lepas dari sinergitas antara dinas terkait dan pemilik kandang ternak.

Oleh karena itu, dirinya meminta pemilik kandang rajin memantau hewan ternak. Hartopo mengimbau kepada peternak Jika hewan ternak sakit untuk segera menghubungi dinas terkait sehingga bisa diisolasi.

“Pemilik kandang juga harus pro aktif memantau setiap hari. Kalau ada yang sakit langsung dilaporkan supaya hewannya diisolasi. Jadi tidak ada penambahan kasus PMK di Kudus,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Sunardi menyampaikan jumlah 500 dosis vaksin masih jauh dari cukup. Jumlah yang diperlukan semestinya 4 ribuan dosis lagi hingga semua sapi benar-benar tervaksin.

Baca :  Prakiraan Cuaca Kudus 20 Agustus 2022 : Cerah Berawan