Tingkatkan SES Siswa, 11 SD dan MI di Kudus Ikuti Binaan MITRA Djarum Foundation

Pembukaan pelatihan peningkatan social and emotional education (SES) atau kecakapan sosial dan emosional di di Wisma Ploso Djarum, Kabupaten Kudus. (MIA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Sebanyak 11 Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Kudus, mengikuti pelatihan peningkatan social and emotional education (SES) atau kecakapan sosial dan emosional yang digagas oleh kelompok MITRA (Mendidik Insan Berkarakter Mulia).

Ada sebanyak 11 Kepala Sekolah dan 226 Guru yang akan mengikuti pelatihan tahap kedua ini, dengan bimbingan dari guru inti MITRA binaan dari Djarum Foundation. Program pelatihan akan berjalan selama satu tahun dimulai dari Agustus 2023 – Juli 2024.

Pembukaan pelatihan kecakapan sosial dan emosional bagi 11 SD dan MI pun telah terlaksana, bertempat di Wisma Ploso Djarum, Kabupaten Kudus pada Sabtu, 5 Juli 2023. Kegiatan juga dihadiri oleh Kemenag Kudus, Disdikpora Kudus, dan PBG Kudus.

Bacaan Lainnya
Kelompok MITRA binaan Djarum Foundation saat memaparkan program pelatihan kecakapan sosial dan emosional untuk SD dan MI di Kudus. (MIA)

Melalui pembelajaran ini, anak diberikan kesempatan untuk mengembangkan kepercayaan diri, terbuka terhadap perubahaan, lebih berempati, mengelola emosi serta mampu bekerjasama dalam tim. Dengan demikian, anak akan kuat secara kognitif dan memiliki karakter yang baik.

Kepala Kemenag Kabupaten Kudus, Suhadi berharap program dari MITRA diharapkan bisa meluas ke sekolah-sekolah lainnya. Terlebih, pembelajaran kecakapan sosial dan emosional juga sejalan dengan kurikulum yang sedang berjalan saat ini, yakni kurikulum merdeka.

Baca :  Anggota BPC HIPMI Demak Dikukuhkan dan Dilantik, Ketua : Saya Harap Bisa Mengaplikasikan Dalam Program Kerja Kedepan