Tinjau Program Gemas PT Djarum, Inayah Harap Bisa Diadopsi Perusahaan Se-Indonesia

Inayah Wulandari Wahid meninjau program Gemas di PT Djarum SKT Pengkol. (YULIADI)

KUDUS, ZONANEWS.ID Program Gerakan Menjaga Periode Emas (Gemas) Bakti Sosial Djarum Foundation dalam menekan angka stunting di Kabupaten Kudus mendapatkan apresiasi dari Inayah Wulandari Wahid.

Dalam kunjungan di PT Djarum SKT Pengkol pada Senin, 21 Agustus 2023 pagi tadi, putri Gus Dur itu menyebut bahwa fasilitas yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang mayoritas perempuan sangat tepat.

Terlebih, fasilitas yang diberikan itu memang merupakan hak karyawan untuk medapatkan pelayanan prima saat tengah hamil. Sehingga tujuan utama untuk membantu pemerintah menekan angka stunting sudah tepat sasaran.

Bacaan Lainnya
Inayah Wulandari Wahid meninjau program Gemas di PT Djarum SKT Pengkol. (YULIADI)

“Stunting kan baru jadi isu besar di Indonesia, jadi saya seneng banget (ada program Gemas). Ini bahkan sebenarnya kalau mau dibilang kita kan selalu nunggu dari pemerintah, kemudian ini mau bergerak sendiri, ini luar biasa,” katanya.

Untuk diketahui, program Gemas sendiri menyasar para buruh rokok yang sedang hamil dan memiliki anak di bawah lima tahun. Adapun fasilitas yang diberikan berupa pemeriksaan kesehatan bagi ibu hamil dan janin.

Bahkan pemeriksaan janin juga akan dilakukan ultrasonografi (USG) medis. Apabila diperlukan intervensi maka akan diberikan multivitamin atau makanan tambahan yang diperlukan. Pelayanan itupun diberikan secara gratis.

Oleh sebab itu, Inayah menilai bahwa program tersebut seharusnya bisa menjadi percontohan bagi perusahaan-perusahaan lain di Indonesia. Sehingga, upaya menekan angka stunting dari hulu bisa dilakukan secara optimal.

“Semoga saya berharapnya ini menjadi contoh, bahwa perusahan bisa mendapatkan keuntungan. Karyawan ngga harus cuti dulu kalau mau pemeriksaan dan lain sebagainya. Ini sebenarnya win win solution,” tambahnya.

Baca :  Poster dan Film Pendek, Cara Pemkab Kudus Sosialisasi Masyarakat Gempur Rokok Ilegal

Win win solution yang dimaksud Inayah pun, para karyawan tetap bisa mendapatkan akses pada pekerjaanya dan juga kesehatannya. Paling utama, bisa membantu program pemerintah dalam menurunkan angka stunting.

“Sering banget kita mendengar persiapan Indonesia Emas, tapi lupa ini yang di hulu gimana nyiptain anak-anak yang beneran akan menjadi anak emas. Itu sesimple mereka dikasih ASI yang baik, lalu kandungan mereka mendapatkan jaminan kesehatan yang baik,” pungkasnya.

*

Senior Manager Public Affairs PT Djarum Kudus Purwono Nugroho mengungkapkan, kegiatan ini menyasar para buruh rokok yang sedang hamil dan memiliki anak di bawah lima tahun dengan sejumlah fasilitas yang diberikan PT Djarum diantaranya pemeriksaan kesehatan bagi ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan.

“Ini sebagai upaya mencegah stunting di kalangan internal karyawan kita. Ini bentuk partisipasi kami supaya orang-orang yang bekerja di sini (PT Djarum) dicegah kalau punya anak tidak kena stunting,” jelas Purwono di PT Djarum SKT Pengkol Kudus, (21/08/2023).