Tradisi Pesta Lomban Jepara Meriah, Ribuan Masyarakat Antusias Rebutan Kepala Kerbau

Pesta lomban ditandai pelarungan kepala kerbau ke laut beserta piranti sesaji lainnya dari TPI Ujungbatu Jepara menuju tengah laut. (ARIFIN ZN)

JEPARA, ZONANEWS.ID- Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengapresiasi dan mengucapkan terima kasihnya atas kinerja seluruh anggota dalam rangkaian pengamanan ‘Pesta Lomban’ di Kabupaten Jepara. Sebab dalam tradisi tahunan yang digelar sepekan di periran laut Jepara usai Lebaran ini, berlangsung lancar dan kondusif.

Pesta lomban ini menjadi satu kegiatan yang selalu dinanti masyarakat Jepara, ketika bulan Syawal tiba atau disebut Bodho Kupat. Kearifan local yang diselenggarakan 7 hari setelah Hari Raya Idul Fitri juga mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Jepara.

Puncak acara pesta lomban ditandai pelarungan kepala kerbau ke laut beserta piranti sesaji lainnya. Tradisi ini berlangsung di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujungbatu Kelurahan Jobo Kuto, Kecamatan Kota, Jepara.

Bacaan Lainnya

Kemudian, para peserta pesta lomban dengan kapal-kapal nelayan memperebutkan sesaji kepala kerbau ini. Dari kepercayaan masyarakat Jepara, bagi warga yang mendapatkan sesaji kepala kerbau, konon mendapatkan rejeki yang berlimpah.

Tradisi ini juga merupakan bentuk ucapan syukur kalangan  nelayan di Jepara. Selain itu, diyakini untuk penolak bala. Rangkaian kegiatan pengamanan pesta lomban tahun 2024 berjalan lancar dan kondusif. Tentu hal itu tidak terlepas dari kesiapan dan kesigapan ratusan aparat gabungan Polres Jepara.

“Hal ini tidak terlepas dari kesiapan dan kesigapan 480 personel gabungan dari TNI-Polri, Dishub, Satpol PP, BPBD, Basarnas dan stakeholder lainnya,” ujar Kapolres Jepara AKBP Wahyu saat ditemui usai pesta lomban di Pantai Kartini Jepara, Rabu 17 April 2024.

Pejabat nomor satu di Polres Jepara ini berterima kasih kepada seluruh personel gabungan yang terlibat pengamanan. Mulai dari rangkaian kegiatan penyembelihan kerbau, ziarah makam leluhur, pertunjukan wayang di TPI Ujung Batu hingga pelarungan kepala kerbau ke laut.

Baca :  Resep Sate Kambing Empuk Sambal Taichan

“Terimakasih kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan, mulai dari penyembelihan hewan Kerbau, ziarah makam leluhur, pertunjukan wayang TPI Ujungbatu hingga pelarungan kepala kerbau ke laut,” jelasnya.