Tujuh Desa Wisata di Kudus Sudah Miliki Tarian Khas Penyambut Wisatawan

Tari Sego Kepel khas Desa Wisata Loram Kulon, Kecamatan Jati, Kudus. (MIA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Tujuh desa wisata di Kabupaten Kudus kini telah memiliki tarian khas yang difungsikan untuk menyambut para kunjungan para wisatawan. Tarian ini sekaligus menyumbang tambahan koleksi kesenian di Kota Kretek.

Tujuh desa wisata itu, antara lain, Desa Wisata Japan, Desa Wisata Rahtawu, Desa Wisata Dukuhwaringin, Desa Wisata Kaliwungu, Desa Wisata Loram Kulon, Desa Wisata Wonosoco dan Desa Wisata Terban.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, Mutrikah menyampaikan bahwa hingga saat ini ada 30 desa yang telah mendapatkan Surat Keterangan (SK) Desa Wisata per tahun 2023.

Bacaan Lainnya

Tujuh desa wisata diantaranya telah memiliki tarian khas, yang mana enam desa diantaranya difasilitasi oleh Disbudpar Kudus dalam pembuatan tarian khasnya. Sementara satu desa, yakni Desa Terban, sudah sejak lama memiliki tarian khas.

“Tarian tersebut (tarian desa wisata) diambil dan diangkat dari filosofi sejarah, potensi pariwisata atau potensi lainnya,” kata Tika, Selasa, 21 Mei 2024.

Baca :  28 Stand Ramaikan Expo Kemandirian Pondok Pesantren di IAIN Kudus