Tumbuhkan Minat di Bidang Olahraga Atletik,1.092 Siswa SD-MI di Kudus Ikuti Milklife Athletics Challenge 2024

Salah satu peserta Milklife Athletics Challenge 2024 saat mengikuti lomba kategori Kanga's Escape di Supersoccer Arena Rendeng pada Selasa, 10 Juli 2024. (NILA)

KUDUS, ZONANEWS.ID — Sebagai upaya menumbuhkan kegemaran masyarakat Kudus terhadap cabang olahraga atletik sejak usia dini, Bakti Olahraga Djarum Foundation berkolaborasi dengan Milklife dan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Kudus, menyelenggarakan Milklife Athletics Challenge 2024 yang diselenggarakan di Supersoccer Arena (SSA) di Desa Rendeng, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus pada Selasa hingga Kamis, 9-11 Juli 2024.

Setidaknya, ada 1.092 siswa-siswi dari 72 Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) di Kudus mengikuti perlombaan yang digelar selama tiga hari tersebut.

Sebagai kegiatan fun games yang melibatkan sejumlah cabang olahraga atletik, Milklife Athletics Challenge 2024 kali ini terdiri atas 9 kategori perlombaan yang dipertandingkan.

Bacaan Lainnya

Rinciannya adalah Kanga’s Escape, Turbo Throw, Formula 1, Frog Jump, Sprint 60 meter, Estafet 8×50 meter, Lari 1000 meter, Lari 30 meter, dan Lempar Bola Berekor. Di mana para peserta terbagi dalam dua kelompok usia (KU), yaitu KU 12 dan KU 10.

Khusus untuk perlombaan Sprint 1000 meter khusus untuk peserta KU 12.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin menuturkan, melalui Milklife Athletics Challenge 2024 diharapkan olahraga atletik di Kudus semakin bergerak dan bergelora mulai dari usia dini.

Sebab itu, kegiatan ini diselanggaran dengan format fun games.

“Di jangka panjang, berbekal kecintaan terhadap olahraga ini, tidak menutup kemungkinan ada yang bercita-cita menjadi atlet yang tidak hanya mengharumkan Kota Kudus, tapi juga Indonesia,” kata Yoppy pada Rabu, 10 Juli 2024.

Baca :  Gandeng Bidan, RS Aisyiyah Edukasi Pentingnya Deteksi Dini Kaki Pengkor dan Bibir Sumbing

Ia melanjutkan, demi mempercepat berputarnya ekosistem olahraga atletik ini, rencananya MilkLife Athletics Challenge akan diselenggarakan dua kali dalam satu tahun.

“Tidak hanya dari Kudus, dalam kejuaraan selanjutnya, penyelenggara juga menargetkan peserta dari berbagai kota tetangga seperti Pati dan Demak,” ungkap Yoppy melanjutkan.

Sementara itu, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PASI Kabupaten Kudus, Noor Akhmad mengatakan, penyelenggaraan MilkLife Athletics Challenge ini juga dimaksudkan sebagai ajang pencarian bibit-bibit berbakat yang kelak bisa meneruskan tongkat kejayaan olahraga bagi Kota Kudus khususnya di nomor-nomor atletik.

Mengintip data prestasi tahun lalu, atletik berhasil menyumbangkan dua medali emas, satu perak dan satu perunggu bagi kontingen Kudus saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023.

Di level usia dini, Kudus juga sukses meraih satu medali emas dan satu perunggu pada perhelatan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Atletik Tingkat SD–SMP se-Jawa Tengah.

“Prestasi-prestasi yang sudah diraih ini harus dijaga dan ditingkatkan. Salah satunya dengan ‘jemput bola’ mencari bibit-bibit berbakat yang antara lain melalui penyelenggaraan MilkLife Athletics Challenge,” katanya.

Selanjutkan, PASI Kudus juga berencana mengadakan talent scouting, di mana bagi peserta yang berbakat, akan diarahkan masuk ke klub-klub atletik yang ada di Kudus.