Tutup Dua Pekan, Pasar Hewan Pati Buka Kembali

Pasar hewan di Pati mulai buka kembali usai dua pekan ditutup karena wabah PMK.(Foto: Ila)

Pati, zonanews.id – Beberapa pasar hewan di wilayah Kabupaten Pati yang sebelumnya ditutup selama dua pekan telah mulai dibuka kembali hari ini, Jum’at 17 Juni 2022.

Penutupan pasar hewan sebelumnya sebagai langkah antisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak.

“Mulai tanggal 17 ini kita buka lagi (pasar hewan). Waktu itu memang pertimbangannya sebagai upaya mencegah penularan penyakit mulut dan kuku. Kita laksanakan, sudah. Dan sambil kita tutup, kemarin kita bersihkan. Kita sterilkan, kita semprot dengan disinfektan setiap dua hari sekali dan hari ini sudah siap buka,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan dan dan Perindustrian (Disdagperin) Pati Hadi Santosa, Jum’at.

Bacaan Lainnya

Kondisi pasar, lanjut Hadi dikatakan sudah memungkinkan untuk dibuka kembali. Selama pembukaan ini, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terkait penyebaran kasus PMK di tengah pasar hewan.

“Senin (20/6/2022) kami juga ada rapat koordinasi untuk evaluasi terkait pembukaan pasar hewan. Yang jelas kami mendukung upaya-upaya dari Dinas Pertanian untuk pengendalian PMK ini,” terangnya.

Sementara itu, salah satu pasar hewan yang kembali buka yakni Pasar hewan Wage yang terletak di Margorejo, Pati.

Baca :  Peran Pertamina Hulu Energi Untuk Menjaga Ketahanan Nasional