Capaian IKD di Kudus Masih Rendah: Baru 4 Persen

Pelayanan aktivasi akun IKD di Disdukcapil Kudus. (Foto: Siti Islamiyah/Zonanews.id)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus mencatat bahwa capaian Identitas Kependudukan Digital (IKD) baru 4 persen atau sekitar 26 ribu warga yang melakukan aktivasi.

Padahal, target yang dibebankan dari pemerintah pusat untuk program IKD ini harus mencapai 30 persen di setiap daerah. Target di Kudus seharusnya bisa mencapai sekitar 240 ribuan warga, dari total 633 ribu penduduk.

Kepala Disdukcapil Kudus, Eko Hari Djatmiko menyampaikan bahwa kondisi capaian IKD yang masih rendah ini hampir merata di seluruh daerah di Indonesia. Program ini sendiri digagas oleh pemerintah pusat sejak 2022 lalu.

Bacaan Lainnya

“Kendala yang dihadapi masih sama seperti sebelumnya. Yang sudah aktivasi IKD itu wajib untuk seluruh OPD, selain itu ada BPJS, pajak, perguruan tinggi dan beberapa perusahaan. Sedangkan yang masih sulit itu perbankan,” katanya.

Menurutnya, kendala yang dialami dalam pengaktivasian IKD di perbankan yakni lantaran standar operasional prosedur (SOP) yang dimilikinya. Terlebih, biasanya perbankan harus menunggu instruksi dahulu dari kantor pusat.

Baca :  UMKU Tingkatkan Peran Kader Aisyiyah dalam Pendampingan Penyakit Demensia Lansia