Disperkim Pati Alokasikan Bantuan Perbaikan Rumah Terdampak Bencana Alam

Kondisi rumah warga pasca dilanda bencana alam. (Nila)

PATI, ZONANEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman (Disperkim) telah menyalurkan bantuan kepada puluhan rumah terdampak bencana alam di wilayah Pati.

Terhitung sejak 20 Desember 2021 hingga 11 Januari 2022, sudah ada 54 rumah yang mendapatkan bantuan dari Disperkim untuk perbaikan fisik rumah. Total bantuan yang diberikan melalui APBD sebesar Rp61,5 juta.

Kepala Disperkim Pati melalui Kepala Bidang Perumahan pada Disperkim Pati Suhartono mengungkapkan, rumah yang mengalami kerusakan karena bencana alam bisa mendapatkan bantuan perbaikan.

Bacaan Lainnya

Bantuan bisa diberikan dengan cara kepala desa membuat proposal untuk pengajuan bantuan.

“Bila di wilayahnya ada bencana alam dan ada rumah warganya yang rusak terdampak, nanti kepala desa dipersilakan untuk membuat proposal pengajuan bantuan. Setelah proposal diterima kami (Disperkim), tim akan melakukan pengecekan lapangan,” ungkapnya saat dimintai keterangan, Selasa (28/6/2022).

Setelah laporan diterima, tim dari Disperkim Pati juga akan meneruskan laporan ke Bupati Pati. Untuk selanjutnya turun perintah ke Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Pati untuk mentransfer uang bantuan kepada korban bencana melalui rekening BPD Jateng.

Baca :  Sidak Pasar, Pj Bupati Pati Sebut Kenaikan Harga Bahan Pokok Masih Sebatas Wajar