Vaksin Sudah Tersedia, Kudus Genjot Imunisasi Rotavirus Cegah Diare pada Bayi

Ilustrasi. Kegiatan di Posyandu Delima Desa Demaan, Kecamatan Kota, Kudus. (MIA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kabupaten Kudus menyebut bahwa saat ini, vaksin rotavirus untuk mencegah diare akut pada anak, sudah tersedia.

Pelaksanaan imunisasi rotavirus bahkan sudah bisa dilakukan di masing-masing puskesmas, mengingat bahwa ketersedian stok vaksin untuk diare akut tersebut sudah ada di puskesmas.

Untuk diketahui, vaksin rotavirus diberikan kepada bayi usia minimal 2 bulan. Pemberian vaksin ini akan dilakukan sebanyak 3 kali atau dosis, dengan kurun jeda waktu satu bulan.

Bacaan Lainnya

Kepala DKK Kudus, Andini Aridewi menyebut, pelaksanaan imunisasi digenjot kembali, terlebih pada Agustus ini juga bertepatan dengan kegiatan Posyandu Serentak.

Sehingga, diharapkan untuk pelaksanaan imunisasi akan lebih mudah melalui kegiatan posyandu serentak ini. Serta, pencapaian target sasaran imunisasi bisa dicapai dengan maksimal.

“Ini kan bertepatan juga di Agustus ini ada Posyandu Serentak, yang ini akan lebih memudahkan dalam rangkaian pencapaian sasaran,” ujarnya, Kamis, 24 Agustus 2023.

Sub Koordinator Surveilans Imunisasi DKK Kudus, Aniq Fuad menambahkan, ketersediaan vaksin rotavirus sudah ada sejak pertengahan Agustus 2023, dan saat ini sudah tersedia pula di puskesmas.

Baca :  RSUD dr Loekmono Hadi Kudus Beri Pengobatan Gratis Warga Terdampak Banjir