Momen Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan di Sejumlah DTW Turun hingga 50 Persen Dibanding Tahun Lalu

Kegiatan monitoring destinasi tempat wisata di Kabupaten Kudus pada momen libur lebaran. (MIA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Momentum Libur Lebaran dimanfaatkan untuk berwisata bersama keluarga di kampung halaman. Begitupun, yang terjadi di Kabupaten Kudus saat momen Libur Lebaran berlangsung sejak 5-15 April 2024 kemarin.

Namun, minat masyarakat untuk berlibur sepertinya mulai menyebar ke sejumlah destinasi wisata baru (DTW) baru yang ada di Kudus dan sekitarnya. Hal ini disimpulkan, lantaran sejumlah DTW mengaku mengalami penurunan kunjungan wisatawan tahun ini dibanding tahun lalu.

Plt Kabid Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, Aflah menyampaikan, beberapa DTW yang sering dikunjungi wisatawan saat momen libur lebaran mengaku mengalami penurunan kunjungan.

Bacaan Lainnya

Tak tanggung-tanggung, penurunan kunjungan wisatawan yang terjadi pada momen liburan tahun ini mencapai 50 persen dibandingkan tahun 2023. Hal ini ditaksir lantaran mulai banyaknya kompetitor wisata baru di wilayah Kudus dan sekitarnya.

“Kalau kami monitoring, justru tahun ini itu jumlah wisatawan liburan lebaran itu menurun 50 persen dibanding tahun kemarin. Menurut pengamatan dari teman-teman di MVR dan ARS secara umum, itu karena banyak kompetitor,” katanya.

Baca :  Bicara Penanganan Banjir di Kudus, Ketua DPRD : Perlu Ada Peninggian Tanggul