Pati Dapat 4 Ribu Vaksin PMK, Difokuskan bagi Hewan Ternak Sehat

Bupati Pati Haryanto meninjau lokasi penyuntikan vaksin PMK di Peternakan Supo, Desa Pucakwangi, Kecamatan Pucakwangi, Kudus. (Nila)

PATI, ZONANEWS.ID – Kabupaten Pati mendapatkan alokasi vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dari Provinsi Jawa Tengah sebanyak 4 ribu dosis. Vaksin tersebut mulai disuntikkan pada hewan ternak kemarin, Selasa 28 Juni 2022.

Bupati Pati Haryanto didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Pati Nikentri Meiningrum meninjau langsung penyuntikan perdana vaksin PMK di Desa Pucakwangi, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati.

Penyuntikan vaksin PMK tahap pertama ini dilakukan di Peternakan Supo, Desa Pucakwangi, Kecamatan Pucakwangi, Pati.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulilah Kabupaten Pati sudah mendapat alokasi vaksin PMK. Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak yaitu empat ribu dosis, tapi akan kita maksimalkan. Pemerintah daerah tentunya tetap akan membantu mendukung percepatan vaksinasi PMK ini,” ungkap Haryanto saat melakukan peninjauan.

Haryanto menegaskan, penyuntikan vaksin kali ini dikhususkan bagi hewan yang benar-benar sehat. Hewan ternak yang disuntik pun dipilih yang tidak bergejala sedikitpun dari PMK.

Sehingga, tidak semua kecamatan di Kabupaten Pati mendapat jatah vaksin PMK ini. Diantaranya, seperti di Kecamatan Juwana dan Kecamatan Cluwak belum mendapatkan jatah vaksin.

Baca :  Direktur RSUD Kudus: Balita Stunting yang Dirujuk Meningkat, Tapi Hanya 50 Persen Pure Stunting