Alda Nurjannah, Kisah Inspiratif Mahasiswi UMK yang Mewujudkan Mimpi di Tengah Keterbatasan Ekonomi

Alda Nurjannah, kisahnya menjadi inspirasi bahwa keterbatasan ekonomi bukanlah penghalang untuk meraih mimpi. Dengan tekad, usaha, dan kerja keras, segala rintangan bisa diatasi dan mimpi bisa diwujudkan. (Foto: dam)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Alda Nurjannah, mahasiswi yang menempuh pendidikan tinggi di Universitas Muria Kudus (UMK), telah menunjukkan bahwa tekad dan kerja keras dapat mengatasi berbagai rintangan. Meskipun hampir tidak bisa melanjutkan kuliah karena kendala ekonomi, ia berhasil mencari jalan dengan mengikuti seleksi beasiswa.

“Saya mencari beasiswa karena sebelum masuk kuliah itu usaha bapak saya drop, yakni pengusaha supplier buah. Awalnya disuruh tidak kuliah lantaran terhalang ekonomi,” ungkap Alda.

Alda menceritakan bahwa sebelum memasuki bangku kuliah, ia pernah mengikuti seleksi Beasiswa Dikti. Beasiswa ini ia kejar karena usaha orang tuanya mengalami penurunan signifikan, sehingga sempat ada permintaan dari orang tua untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Bacaan Lainnya

“Saya sempat disuruh tidak kuliah karena ekonomi. Tapi saya tekad untuk membuktikan. Sebab, kuliah itu penting terlebih menempuh pendidikan,” tegas Alda.

Berkat tekad dan usahanya, Alda akhirnya bisa menempuh pendidikan di UMK. Selama masa kuliah, Alda tidak hanya fokus pada akademik, tetapi juga aktif dalam berbagai kegiatan kampus. Salah satunya adalah menjadi Master of Ceremony (MC) di berbagai acara kampus.

“Sering diminta jadi MC. Sering diajak pihak kampus ketika ada acara. Tujuannya untuk menyalurkan ilmu ke adik-adik mengenai ilmu publik relasi,” jelas Alda.

Kemampuannya sebagai MC tidak datang begitu saja. Alda mengasah kemampuannya melalui kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) broadcasting yang berfokus pada public speaking. Dari situlah ia mulai mendapatkan tawaran job MC, baik di dalam maupun di luar kampus.

Baca :  Raih Medali Emas di SEA Games Kamboja, Safira Jadi Angin Segar Olahraga di Kudus