BLT Cukai dari Provinsi Tahap 2 Cair, 32 Ribu Buruh Rokok di Kudus Terima Rp 600 Ribu Tunai

Karyawan PT Djarum SKT Pengkol saat menerima BLT Cukai yang bersumber dari APBD Pemprov Jateng pada Kamis, 20 Juni 2024. (ZONANEWS.ID)

KUDUS, ZONANEWS.ID — Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) yang bersumber dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah tahap 2 cair, sebanyak 32 ribu buruh rokok di Kudus pun menerima uang sebanyak Rp 600 ribu secara tunai pada Kamis, 20 Juni 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng, Sumarno mengungkapkan, sebelum menerima BLT tahap 2 ini, puluhan buruh rokok di Kudus telah menerima BLT tahap 1 dengan nominal sama pada bulan April 2024 lalu.

Dalam dua tahap pencairan tersebut, total BLT cukai dari Pemprov Jateng yang telah diserahkan sebesar Rp 37,9 miliar. Di mana masing-masing buruh rokok menerima BLT senilai Rp 1,2 juta.

Bacaan Lainnya

“BLT ini merupakan salah satu upaya kita untuk penanganan kesejahteraan masyarakat Jawa Tengah, mudah-mudahan dengan BLT ini bisa menurunkan angka kemiskinan,” ujar Sekda Jateng usai melihat pekerjaan para buruh rokok PT Djarum di SKT Pengkol hari ini.

BLT itu pun diharapkan Sumarno benar-benar mampu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Tidak hanya untuk konsumsi semata, tapi bisa untuk hal lain, misalnya membayar cicilan motor yang digunakan untuk berangkat kerja.

Dirinya juga menjelaskan, BLT yang diserahkan sudah diatur dalam PMK 215/PMK.07/2021 tentang Penggunaan,

Pemantauan, dan Evaluasi DBHCHT. Selain untuk BLT, DBHCHT juga bisa digunakan untuk bidang kesehatan, dan lainnya.

“Jadi salah satu penggunaan DBHCHT adalah untuk BLT bagi para pekerja atau buruh rokok dan petani tembakau,” katanya.

Baca :  Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Sulap Ampas Tahu jadi Makanan Bernilai Jual

Sementara itu, jumlah karyawan PT Djarum yang menerima BLT cukai yang bersumber dari Pemprov Jateng tahun 2024 diketahui ada sebanyak 6.541 orang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Deputy General Manager Public Affairs PT Djarum, Slamet Rahardjo saat mendampingi Sekda Pemprov Jateng hari ini.

“Jumlah karyawan PT Djarum yang menerima BLT sebanyak 6.541 orang, dengan total nominal Rp 3.924.600.000,” katanya.