Tahun 2024, Dinas PUPR Targetkan Kondisi Kemantapan Jalan di Kudus Naik 0,78 Persen

Perbaikan jalan yang dilakukan oleh Dinas PUPR Kudus di salah satu ruas jalan di Kudus pada tahun 2023 lalu. (ZONANEWS.ID)

KUDUS, ZONANEWS.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus menargetkan kondisi kemantapan jalan wilayah Kota Kretek di tahun 2024 ini naik 0,78 persen atau bertambah 4.527 meter dari kondisi akhir tahun 2023 yang 91,38 persen.

Kepala Dinas PUPR Kudus, Arief Budi Siswanto melalui Sub Koordinator Jalan, Budi Firmansyah menyampaikan, peningkatan kondisi kemantapan jalan dari tahun 2023 ke tahun 2024 kurang dari satu persen disebabkan oleh beberapa faktor.

“Faktor pertama karena beberapa ruas yahh ditangani masih dalam kondisi baik dan sedang, sehingga tidak menambah nilai kemantapan jalan,” kata Budi pada Rabu, 10 Juli 2024.

Bacaan Lainnya

Faktor lainnya, lanjut Budi, karena cuaca ekstrem yang menyebabkan penurunan kondisi jalan dari baik/sedang menjadi rusak ringan maupun rusak berat.

Kemudian juga dikarenakan belum semua jalan memiliki saluran drainase yang memadai, sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan jalan.

“Ditambah adanya peningkatan volume lalu lintas harian dan beban kendaraan yang melintas melebihi tonase yang direncanakan, serta umur konstruksi jalan yang sudah melebihi umur rencana,” jelasnya.

Baca :  Bedah Rumah Mustakin, TMMD Reguler Ke-116 Kudus Libatkan Warga