Upacara Peringatan Hardiknas, Pj Bupati Kudus Sampaikan Pidato Mendikbud

Upacara Bendera di SMP Negeri 1 Kudus dalam rangka Hardiknas. (MIA)

KUDUS, ZONANEWS.ID – Penjabat (Pj) Bupati Kudus, M Hasan Chabibie memimpin upacara bendera di SMP Negeri 1 Kudus dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis, 2 Mei 2024.

Upacara bendera diikuti oleh seluruh siswa di SMP Negeri 1 Kudus yang kompak mengenakan baju adat Kudusan. Pj Bupati Kudus membacakan pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

“Menjadi pemimpin dari gerakan merdeka belajar, bukan hal mudah untuk menstransformasi sistem pendidikan yang ada. Saat ini, kita sudah lihat para siswa sudah berani bermimpi lagi karena merdeka belajar,” ucapnya di hadapan ratusan siswa.

Bacaan Lainnya

Upacara bendera di SMP Negeri 1 Kudus. (MIA)

Dalam pidatonya juga menyampaikan bahwa dunia pendidikan sempat dihadapkan dengan tantangan pandemi covid-19, yang mengubah secara drastis cara belajar mengajar di sekolah. Namun, dunia pendidikan di Indonesia mampu bangkit kembali.

“Ombak yang kencang dan tinggi sudah kita lewati bersama, kita digerakkan bersama dengan langkah yang serempak, Indonesia kita bangun lagi dengan merdeka belajar,” tuturnya.

Dalam akhir pidatonya, Pj Bupati Kudus mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional dan mengajak para peserta didik maupun tenaga pendidik untuk bergotong-royong menyemarakkan Gerakan Merdeka Belajar.

Lebih lanjut, Hasan Chabibie menyampaikan kunci sukses masa depan yang harus dipegang oleh para peserta didik. Antara lain, taat kepada orangtua, patuh kepada guru, serta mampu beradaptasi dengan perubahan yang ada.

“Insyaallah semua siswa-siswi yang ada di sini kalau mau menerapkan tiga kunci ini maka akan bisa sukses di masa depan,” tambahnya.

Baca :  5 Destinasi Wisata Unggulan di Kudus yang Cocok Dikunjungi saat Libur Lebaran

Selesai upacara, Pj Bupati Kudus mendapatkan cinderamata berupa lukisan dari hasil karya guru SMP Negeri 1 Kudus, Hasan Sunarto. Kemudian dilanjutkan foto bersama dengan seluruh siswa dan guru di sekolah setempat. ***